DILAN BUKU KEDUA TAHUN 1991: ASLI BIKIN BAPER!




DILAN Buku Kedua “DIA ADALAH DILANKU TAHUN 1991”


Pidi Baiq

344 halaman; 20.5 cm

Goodreads rating: 3,78

Cetakan III, Agustus 2015

Pastel Books



---


“Jika aku berkata bahwa aku mencintainya, maka itu adalah sebuah pernyataan yang sudah cukup lengkap.” – Milea

“Senakal-nakalnya anak geng motor, Lia, mereka shalat pada waktu ujian prakter Agama.” – Dilan


WARNING, REVIEW INI PENUH SPOILER


   Gue membeli novel ini dengan kesadaran bahwa Dilan dan Milea akhirnya tidak akan bersama. Setelah membaca Dilan 1991, skeptisme gue terhadap happy ending semakin menjadi-jadi. 

   Kisah Dilan 1991 persis diawali dari hari jadian Dilan dan Milea di warung Bi Eem. Peresmian jadian yang ditandatangani di atas materai sebagai dokumen perasaan. Lalu Dilan mengantar pulang Milea dengan sepeda motornya. Walaupun sebenarnya masalah Dilan dan Anhar belum selesai. Dilan berhasil membuat Milea melupakan sejenak kejadian yang sangat membuat Milea cemas itu dengan obrolan absurb khas mereka saat boncengan. 

   Ah, Dilan. Ada saatnya dia bisa menenangkan Milea. Misalnya saat Milea tahu Dilan dikeroyok oleh kakak Anhar dan teman-temannya di warung Bi Eem. Saat itu Milea lagi cemas-cemasnya kalau Dilan akan dikeluarkan dari sekolah karena perkelahiannya dengan Anhar. Milea kesal dan marah-marah ke Dilan. Dilan sih, kalau lagi dimarahin sama Milea, suka dieeeemmm aja, gak memberikan argumen pembelaan. Kalaupun ngomong, jadinya kayak gini:

“Aku juga pasti sedih kalau gak ada kamu,” kataku.
“Kan, masih ada di Bumi.”
"Kamu tadi dikeroyok!” kataku dengan nada yang jengkel. “Gimana kalau ada apa-apa denganmu?” kataku lagi.
Dilan diam. Aku diam. Lalu, kata Dilan:“Kalau dipecat, aku bisa datang ke sekolahmu. Tiap hari,” lanjut Dilan. “Biarin gak sekolah juga. Asal aku bisa antar jemput kamu ke sekolah. Sampai kamu lulus, sampe kamu sukses, naik haji dan mabrur.

   Lihat ‘kan yang kalimatnya gue tebelin? Setelah percakapan itu, Milea masih kesal. Ya iyalah, dijawabnya begituan. Hahaha. Dilan ini kenal banget Milea gimana. Terus masa baru beberapa hari pacaran udah dicuekin. Mereka berdiri berhadapan dibatasi pagar rumah Milea. Bukannya memberikan kalimat menenangkan yang serius, Dilan malah nyuruh Milea mengikuti kata-katanya. AKU MENCINTAI KAMU. Per kata. Sambil bertatapan. Udah dengan begitu aja, Milea jadi senyum lagi. Luluh hatinya gak jadi lama-lama marah. 

Asli. Itu adegan favorit gue. 

   Dilan juga gak pernah sedetik pun marah dengan Milea, bahkan pada saat ditampar. Segitu sayangnya dia ke Milea. Bayangkan! Hubungan seromantis itu, pada akhirnya putus. Gimana pada gak mewek yang baca. Gue gak nangis, serius, tapi beneran endingnya bikin gue baper. 

Bukan salah gue kalau jadi gak percaya akan adanya happy ending. Uh!

   Dilan 1990 dan Dilan 1991, kedua-duanya diceritakan dari sudut pandang Milea. Tapi kita bisa membaca karakter Dilan dari setiap tindakannya yang diceritakan Milea. Tapi gue tetap gak bisa berhenti bertanya, apakah Dilan sudah menunjukkan karakternya yang sesungguhnya? Karena gue merasa dia selalu berusaha membuat Milea bahagia, persisnya dengan menghindarkan Milea dari merasa cemas. Kalau Milea cemas, Dilan akan mengalihkan Milea ke hal-hal lain. Dia gak membagi dirinya sepenuhnya ke Milea. Dia gak bilang pas mau balas dendam. Dia gak berbagi apapun yang menurutnya akan membuat Milea sedih. Karena begitu sayangnya dia ke Milea, dia gak mau Milea sedih. Gini ya Dilan, gue kasih tahu: ITU SALAH BANGET! 

   Cuma tiga adegan yang memberikan gue petunjuk, ini tuh Dilan yang sebenarnya. Saat dia datang ke sekolah Milea untuk mengabarkan kematian Akew, saat bersikeras ingin mengantar Milea pulang setelah mereka putus, dan saat berbicara dengan Bunda dan Milea, “Aku tidak suka dikekang.”

   Milea baru mengenal Dilan yang tenang, lucu, senang gombalin dia, dan yang bisa membuat Milea merasa dilindungi. Milea belum mengenal sisi Dilan yang lain. Jadi ketika Milea bilang Dilan berubah, menurut gue, Dilan gak berubah. Dilan cuma menunjukkan sisi dirinya yang lain. Sisi dirinya yang ternyata bisa membuat Milea sedih dan kecewa. Dan Dilan gak suka bikin Milea sedih dan kecewa. Putus deh! 

KENAPA SIH ENDINGNYA HARUS BEGITU!

   Anyway, intinya Dilan 1991 alias Dilan Bagian Kedua lebih emosional dan perkembangan karakternya kerasa banget, terutama Dilan. Ya itu tadi, dia menunjukkan sisi dirinya yang bisa bikin Milea sedih dan kecewa. Ada beberapa karakter baru, yang semuanya menurut gue nyebelin. Kecuali ayahnya Dilan. Gue juga harus sabar pas baca masih ada nama Kang Adi. Duh, orang ini lagi, orang ini lagi! Kalau bisa sih Kang Adi diungsikan ke Pluto aja, biar gak punya transport buat balik ke Bumi. 

   Karakter Milea Adnan Hussain menurut gue. Kadang-kadang gue kagum sama dia. Kalau dia dengar Dilan lagi ada masalah, refleks Milea adalah memastikan Dilan baik-baik aja. Misalnya di buku satu dia berani menerobos masuk ruangan pas Dilan dan Anhar diinterogasi, atau mendatangi Dilan ke warung Bi Eem ketika ia tahu Dilan akan melakukan penyerangan, atau ketika Piyan memberitahunya rencana balas dendam Dilan, malam itu juga ia mendatangi Dilan untuk mencegahnya. Kadang-kadang gue suka gregetan sama keramahan Milea yang disalahartikan banyak cowok. Dia gak judes sih, ah! Dan gue merasa Milea itu cewek yang kuat dalam perjuangannya membiasakan diri tanpa Dilan, tanpa melepaskan perhatiannya terhadap orang-orang di sekitar Dilan seperti Bunda (Bunda adalah ibunya Dilan) dan Dilan sendiri. 


   Walaupun seharusnya buku kedua ini adalah akhir dari cerita Dilan dan Milea, tetapi ada bagian-bagian tertentu yang gak terjawab. 

#1 Pada saat Piyan mengatakan kalau Dilan sudah punya pacar baru walaupun baru putus dari Milea. Yang kata Milea dijelaskan, kelak, ia akan tahu kalau itu kabar bohong yang sengaja dibikin Dilan. Oh please deh Dilan! Yang kek begini menurut gue udah termasuk ‘drama’ banget. Kenapa Dilan harus bohong? Kayaknya gue bisa nebak jawabannya. Kapan Milea mengetahui kalau itu kabar bohong? Gak ada jawabannya di buku kedua. 

#2 Masalah apa yang membuat Akew sampai meninggal? Gue paham novel ini dari sudut pandang Milea, jadi gak bisa dijelaskan. Karena yang tahu jawabannya dengan jelas adalah Dilan. 

#3 Siapa ‘sebenarnya’ perempuan yang bersama Dilan saat pemakaman ayahnya? Ini juga Dilan yang tahu jawaban jelasnya. 

#4 Kenapa Dilan gak minta balikan sama Milea? Bukannya Dilan sayang banget sama Milea Adnan Hussain? 

#5 Bagaimana perasaan Mas Herdi harus bersaing dengan Dilan di hati Milea? Gue paham kok, Milea harus move on karena dia gak punya pilihan lain. Kalau masih pacaran, okelah selingkuh hati. Tapi kalau sudah menikah, ah.. itu udah serius banget. 


   Gue dengar kabar, katanya akan ada cerita dari sudut pandang Dilan. Dari pengalaman, gue selalu kehilangan ketertarikan terhadap karakter utama cowok setelah membaca isi pikirannya. Dan gue paling males kalau beli novel dengan alur cerita yang sama, namun dari sudut pandang yang berbeda. Tapi kalau untuk Dilan, kayaknya kebeli lagi deh. Aduuuh! 

Untuk Dilan, kamu sebenarnya nyata atau enggak sih? Aku gak suka dibuat penasaran, jadi dimohon secepatnya melakukan konfirmasi terhadap pertanyaan-pertanyaanku di atas. Oya, jangan suka datang ke hati Milea lagi, dia udah punya suami. Kamu sih, telat! 


Kesimpulan:

Yang sudah beli Dilan 1990 alias buku satu, wajib beli Dilan 1991 alias buku kedua. 

Yang belum beli sama sekali, wajib beli dua.

Novel ini menarik pembaca ke dalam ceritanya dan berhasil menanamkan kesan mendalam hanya dengan cara yang sederhana. 


RATING



QUOTE


Dilan,

Kalau dulu aku pernah berkata bahwa aku mencintai dirimu, maka kukira itu adalah sebuah pernyataan yang sudah cukup lengkap dan berlaku tidak hanya sampai di hari itu, melainkan juga di hari ini dan untuk selama-lamanya.

Karena, sekarang aku mungkin bukan aku yang dulu, waktu membawa aku pergi, tetapi perasaan tetap sama, bersifat menjalar, hingga ke depan!

Aku mencintaimu, biarlah, ini urusanku. Bagaimana engkau kepadaku, terserah, itu urusanmu!

(Halaman 343)

Post a Comment

67 Comments

  1. Asli bkin baper . Suka bangetttttt banget bangett .. sama dilan :*
    Thanx pidi baiq

    ReplyDelete
  2. Pada dasarnya dilan itu cowo yang ga mau nyerah kaya gue gini #eh
    Tapi ya Laki laki memang harus dewasa melihat situasi. Ada yang harus dilepas atau dikorbankan..bukan mereka menyerah wanita kaum hawa. Hehehe , thanks gue jadi tau alur akhir nya di part 2 ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilan nyerah tau. Buktinya Milea nikah sama orang lain #baper
      Wanita juga harus dewasa. Kalau laki-lakinya nyerah, ya wanita gak bisa nunggu terus kan.

      Wkwk. Ur welcome.

      Delete
  3. Mau beli novelnya dongggggg :( digramedia gramedia ada kan? Kaya di cibinong city mall bogor

    ReplyDelete
  4. Semua pertanyaanmu mungkin sebentar lagi kejawab di buku ke 3 nya "Suara dari Dilan" yg kalo gk salah dri blog PB lagi masuk proses editing. Buku ke2 memang nampak sekali kalo Milea masih pake emosi dalam mengatasi suatu masalah kaya kita dihadadapkan cermin kalo fase SMA memang kita belum berpikiran secara luas,akibat atas tindak tanduk kita belum dipikirkan. Pitus deeeh mereka,hanya ringgal penyesalan yg tersisa di akhir akhir buku ke 2. Favorit sih Bukunya,untuk pertama kali saya membaca Novel dan membeli secara sadar buku 1 dan ke 2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilihan kata penulisnya memang ringan. Jadi yang dulunya gak pernah niat baca novel, bisa jadikan buku ini pengalaman pertama.

      Belum beli buku ketiga nih. Masih 'sakit hati' dengan putusan mereka. LOL

      Delete
  5. Kerwn bange sih loo.. bisa paha. Isi novel dilan sampe segini banget. Salut banget

    ReplyDelete
  6. dilan bikinbaper bgt! pengen ada versi ke-3 . yang bikin milea sama dilan bersatu lagih! yahh gue tw milea udh menikah versi kedua :(

    ReplyDelete
  7. Sumpah ceritanya bikin baper.... :(
    Bikin versi 3 doonkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum beli. Nanti kalau sudah beli, pasti direview. Masih 'sakit hati' sama keputusan mereka buat putusan.

      Delete
    2. Review buku ketiga bisa dilihat di sini ya http://duniakatague.blogspot.co.id/2017/08/milea-suara-dari-dilan-terima-kasih.html

      Delete
  8. Sumpah ceritanya bikin baper.... :(
    Bikin versi 3 doonkkk

    ReplyDelete
  9. wah spoiler.
    udah izin didepan padahal.
    dan aku izinkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang aja. kena spoiler gak mengurangi kehebatan buku ini kok.

      Delete
  10. Aku mau komen sebatas untuk jelasin perasaanku setelah baca buku Dilan 1990 dan 1991... Aku baca buku ini habis nonton AADC 2, berharap mereka punya akhir kisah yang sejenis alias happy ending, biarpun ngga realistis. Ternyata malah gini jadinya ya:( Pelajaran dari buku Dilan 1990: Cowo lucu (Dilan, anak geng motor)akan ngalahin cowo pinter (Kang Adi dan Nandan) dalam soal menaklukan wanita. Pelajaran dari buku Dilan 1991: Kata "putus" ga akan semudah itu membuat si Panglima Tempur jadi anak rumahan; putus bukan solusi. Salam kenal:) -Sesama pecinta Pidi Baiq��

    ReplyDelete
  11. huaaa semua pertanyaanmu ada di buku milea suara dari dilan, dan asli ketiga novel ini bener-bener bisa bikin kebawa suasana entah gimana caranya :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum baca buku ketiga. belum mau tahu jawabannya. masih sakit hati. Lol

      Delete
  12. Milea? Gw banget.. Putus nyesel.. Nikah.. Baper.. Hahaah mau ketawa sm nangis barengan��

    ReplyDelete
  13. Serius, gue jg penasaran Dilan itu nyata nggak? Gue merasa, Dilan sebenernya di dunia ini ada! Tapi dia lg diem di rumahnya sama istrinya, ketawa karena ngeliat namanya dan nama mantannya kini tersebar gegara si Pidi. Semoga ada Dilan 4 dari sudut pandang Dilan tentang Cika. AamiinO:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi gue sih lebih baik gak nyata. Gue gak suka membayangkan sakit hatinya Milea. Hahaha

      Delete
  14. Serius, gue jg penasaran Dilan itu nyata nggak? Gue merasa, Dilan sebenernya di dunia ini ada! Tapi dia lg diem di rumahnya sama istrinya, ketawa karena ngeliat namanya dan nama mantannya kini tersebar gegara si Pidi. Semoga ada Dilan 4 dari sudut pandang Dilan tentang Cika. AamiinO:-)

    ReplyDelete
  15. huuaaaaaaa....dilan?? ajayy...jangan-jangan dilan bapak gua?? dan mela emak temen sekelas gua!! what the...i'ts kamvreet men dunia kecil bgt

    ReplyDelete
  16. Nama blog dilan yg kedua apa ya

    ReplyDelete
  17. Nama blog dilan yg kedua apa ya

    ReplyDelete
  18. novel terkeren yg pernah ku baca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penulis favoritku Rainbow Rowell, coba liat buku-bukunya. Keren juga loh.

      Delete
  19. Dilan oficialline@Add dilan milea https://line.me/R/ti/p/%40sls7772e

    ReplyDelete
  20. baru kelar baca Dilan 1990 tadi malem dan hari ini langsung cari buku Dilan 1991 + Milea habis pulang kerja. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buku ketiganya itu Do, bacanya harus dikasih jeda. Biar lega. Hahaha

      Delete
  21. "Tujuan pacaran adalah untuk putus. Bisa karena menikah, bisa karena berpisah". 😭😭😭😭😭

    ReplyDelete
  22. Keren nih novel udah baca tapi blom tamat hehe

    ReplyDelete
  23. Sumpah baper banget ini novel terbawa suasana😂 dan kenapa endingnya hrus putus sgala sihh:') asli gk ikhlas aaaàaaaaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca buku ketiganya. Mudah-mudahan lega. Kayak gue. Udah lega, udah ikhlas. Huehehe

      Delete
  24. Ini novel dilan, ceritanya agak mirip dgn film spanyol Three meters above the sky series..
    Kalo yg pernah nonton film ini dari seri pertama smpai ke2 psti merasakan ada kemiripan dgn novel dilan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Series ya? Berati banyak episodenya dong -.- Kemiripannya di mana?

      Delete
  25. Denger denger dilan itu pidi baiq😂

    ReplyDelete
  26. https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.com/2017/11/tak-hanya-lucu-6-jenis-anjing-ini.html
    https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.com/2017/11/adam-fabumi-meninggal-dunia-selebritas.html
    https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.com/2017/11/badan-membesar-karena-hamil-kylie.html
    https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.com/2017/11/remaja-15-tahun-melahirkan-di-toilet_23.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - Skype : Vip_Domino
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    ReplyDelete
  27. Hmm review bagus.. keknya enakan baca reviewnya timbang baca novelnya hekekeke. Mungkin krna akua ga suka novel romance :P
    Kalo diliat liat film dilan ini aadc versi jaman now kali ya 😗

    ReplyDelete
  28. Filmnya aja bikin baper , sabarr buat nunggu film dilan 1991..

    ReplyDelete
  29. Baper bget jadi nya, ngak sabaran nunggu novel n film selanjutnya dri dilan. Btw dilan itu ada apa engak sih? Atw ini hanya karangan doang. Hehehe tpi overall keren baget certa nya, bikit pembaca penasaran kisah selanjut nya

    ReplyDelete
  30. Awalnya nggak mau banget lihat nih film ataupun bukunya berhubung temen kantor download nih film akhirnya lihat dan WTf .. Jd yg dimaksud cewe ku itu ini .. Malah sekarang jadi penasaran sama lanjutanya .. Denger2 dan baca koment2 disini putus ya ? Ini bagian yg males banget lihatnya ..

    ReplyDelete
  31. Ternyata happy ending itu ga selalu ada ya... nangis oii baca novel dilan 1991

    ReplyDelete
  32. Kalo yang penasaran ama kisah dilan milea di dunia nyata kayaknya jaman now udah banyak wak yang pacaran lamanya ama sapa nikahnya ama sapa 😂😂 amit amit naujubilahiminjalik.btw kalo film dilan 1991 nanti dirilis trus beneran mreka putus ky di novel keknya nnti dilan milea dunia nyata makin betebaran dah *ramalan gw doang.tapi amit amit naujubilahimjalik. Kalo gw mah gak pernah pacaran wak 😂 hidup gw mah lurus lurus aja punya mantan juga kagak. Emang paling enak n2 kynya nikah dulu baru pacaran dah (dilan milea versi syariah 😂😂😂😂)

    ReplyDelete
  33. Gw sih berharap klo dibikin film ubah endingannya
    Maunya lia dan dilan menikah. ��

    ReplyDelete
  34. Gokil keren abis.. Baper bgt anjir.. Gini caranya muka sangar hati cherybelle daah..

    Good job.. Keren abis 10 bintang buat film ini..

    ReplyDelete
  35. Semua pertanyaan lo ada d buku ke 3

    ReplyDelete
  36. tiap denger tntang novel/film dilan knpa gw jadi baper ya,, aneh ga nyangka hmpir 90% crita dilan real sma kisah gw dlu skolah smpe skrng,,dr karakter,crita,dan wktu persis bgt,,,mnurut gw ini buku di luar logika entah bner apa engga tpi knyataan,, apa mungkin om pidiebaiq kutip kisah gw wkwkwk mustahil lah ya.

    ReplyDelete