RESIGN: Lomba Mengundurkan Diri ala Cungpret





RESIGN

Almira Bastari
288 halaman; 20 cm
Goodreads rating: 4,2
Cetakan III, Februari 2018
Gramedia Pustaka Utama


--


Gue pertama kali tahu novel ini pas scrolling di situs belanja online awal Maret 2018 lalu. Sebelumnya gak pernah dengar sama sekali (mungkin karena gue terlalu kudet kali ya). Pada saat memutuskan untuk beli pun, itu juga karena sinopsisnya menurut gue lain dari yang lain. Konyol dan gokil. 


Jadi gue sama sekali gak punya ekspektasi yang tinggi-tinggi banget. 


Little did I know, ceritanya bikin gue ketagihan dan ngakak di tengah malam. 


--


Singkatnya sih, RESIGN ini tentang para cungpret (kacung kampret) a.k.a karyawan kantor di sebuah perusahaan konsultan yang berlomba-lomba untuk menjadi orang yang paling cepat resign dari kantor. Cungpret yang resign paling akhir harus traktir di tempat makan paling mahal. 

Resign doang? Apa susahnya yee kaan? 

Ehhh.. Tunggu dulu. Kalau bos lo namanya Tigran Putra Pramudiwirja, pasti susah. 

Bayangin kalau bos tau lo izin sakit padahal wawancara di perusahaan lain. Apa gak panas dingin. Pasti awkward. Dan itu cuma salah satunya aja dari tingkah ajaib Tigran. Setiap para cungpret sudah hampir resign, pasti ada aja kelakukan Tigran yang bikin mereka gagal. 


Kalau gue perhatikan sih, RESIGN ini kan marketingnya difokuskan ke cerita tentang bos dan anak buah gitu ya. Gue aja pas beli mikirnya kalau novel ini semacam tipe-tipe My Stupid Boss. Gak ada hints apapun kalau main storynya ujung-ujungnya ya romance juga. Namanya juga metropop. 

Walaupun di awal gue sempat terkecoh gara-gara itu, gue tetap gak merasa nyesal sih. Soalnya novel ini super awesome banget komedinya. Semua hal tentang Resign, dari komedi, alur cerita, percakapan, dan karakterisasi tokoh-tokohnya, semuanya pas banget. Ibarat makanan itu, gak kurang garam, gak kelebihan gula. Perfect recipe. Jadi gak ada paragraf yang mubazir alias gak perlu sama sekali. 


Cuma ada satu kekurangan RESIGN. Ceritanya agak mudah ditebak. Gara-gara mudah ditebak itu, gue agak curiga sih sama Rara, kok bisa gak ngeh gitu ya. LOL. Padahal kalau gue baca, modusnya si ... ehem you know lah, jelas banget. 

Calo de pret. Cungpret favorit gue. Dua tokoh utama novel ini mesti say a big thanks to Carlo. Karena dia penyelamat kekurangan mereka berdua. Keberadaan Carlo bikin situasi dua karakter utama itu, hilariously better. Kalau gak ada Carlo, mungkin ya, mungkin, jatohnya kayak novel-novel romance biasa. 


Menurut gue, yang paling keren dari novel ini adalah percakapan dan karakternya yang ... feel alive. Ngalir aja kayak mata air dari pegunungan. Gak kaku dan gak keliatan sama sekali kalau “ini cerita yang sudah diplotkan, setelah scene A nanti masuk scene B”. Ketika baca, gue merasa terhibur sekali dan lupa waktu, eh tiba-tiba udah mendekati akhir cerita aja. (288 halaman itu singkat banget sumpah). 

Itu sih yang menurut gue bikin RESIGN sukses besar. 



KESIMPULAN

Buku yang kalau lo beli, pasti gak akan nyesal. 


RATING





QUOTE

“Makan teman itu... lo rajin banget, jadi begitu bos minta hasilnya, lo sudah siap, sementara teman lo belum kelar.” – Carlo de Pret, yang tidak senang mellihat ada pegawai yang lebih rajn. 






Post a Comment

3 Comments

  1. Ceritanya emang gokil abis sih. Dan kurang panjaaaaangggggg. Aku bacanya juga tengah malem kan, dan emang bikin ketawa, padahal lagi meriyang. Salah satu part favorit aku pas Tigran bukain botol mineral Rara. Aku jadi agak melting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dia perhatiannya langsung dengan tindakan. Tapi stalker abis si Tigran. Hahaha

      Delete
  2. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete