HOPELESS SERIES: #2 LOSING HOPE



“LOSING HOPE – SEGENAP DAYA”


Colleen Hoover

Genre : YA (Young Adult)

408 halaman

Goodreads rating : 4,47

Gramedia Pustaka Utama, 2015


----

   Terkadang kita harus kembali ke masa lalu dan mengikhlaskan yang telah lalu, sebelum berani melangkah maju...
   
   Dua gadis yang Dean Holder sayangi, direnggut darinya. Bertahun-tahun Dean Holder didera rasa bersalah, andai saja ia mampu melindungi mereka berdua.

  Terjebak masa lalu, Holder tak pernah menatap ke depan. Hingga Sky muncul. Gadis itu penyelamatnya. Harapannya. Kali ini, ia takkan mau kehilangan lagi.

  Meski begitu, Holder tidak mengantisipasi kemungkinan duka kembali menghantamnya dan membuatnya tersungkur. Tapi sekarang, ia tidak sendirian. Bersama Sky, Holder akan berjuang untuk bertahan, dan tegar menghadapi tiap detiknya.

--

   LOSING HOPE adalah seri kedua dari HOPELESS. Tapi bukan cerita sambungan melainkan cerita yang sama dari sudut pandang Dean Holder. Biasanya gue malas baca buku dari dua sudut pandang berbeda karena sudah tahu ceritanya akan seperti apa. Sekali lagi, ini salah goodreads. Saat itu rating LOSING HOPE 4,5 bintang. 

   LOSING HOPE diawali dengan cerita satu tahun sebelum Holder bertemu dengan Sky. Ketika ia berusaha untuk membuat Les –saudari kembarnya- putus dari Grayson setelah melihat cowok itu selingkuh. Menurut gosip semua orang, karena peristiwa itu akhirnya Holder harus kehilangan Les dan tinggal menunggu waktu saja Holder akan mengambil keputusan yang sama dengan Les. Holder yang telah menyimpan rasa bersalah besar akibat kehilangan Hope, akhirnya lepas kendali dan menjadi pembangkang karena harus merasakan penderitaan kehilangan Les juga. Setahun berlalu, Holder bertemu Sky. Takdir, kebetulan, campur tangan Les, apapun itu yang membuat ia bertemu dengan Sky akhirnya memaksa Holder untuk mengungkap rahasianya satu per satu dan memberinya jawaban tentang tindakan Les yang tidak pernah ia mengerti. Selanjutnya? Pretty much same with HOPELESS. 

   Sejujurnya gue lebih suka versi Sky (HOPELESS) daripada versi Holder (LOSING HOPE). Bukan cuma karena gue udah gak terlalu penasaran sama ceritanya, tapi berkat LOSING HOPE, ketertarikan gue terhadap HOLDER terpaksa berkurang. Persis sama seperti nasib Four alias Tobias Eaton di ALLEGIANT. Tapi gak separah itu juga sih, Holder gak “se-cewek” Four. Persisnya gue kecewa dengan apa yang dilakukan Holder dan Amy –sahabat Less. Maksud gue, setelah apa yang terjadi pada Less, itu bukan alasan yang bisa membenarkan tindakan Holder dan Amy. Betapapun menurut orang lain hal itu oke-oke aja. That was wrong on so many level. 

  Selain menuturkan kisah dari sisi Holder, kita bisa membaca surat-surat yang dituliskan Holder kepada Less. Surat-surat itu gak terlalu membosankan. Cukup asik. Fokus lain dari LOSING HOPE selain Sky adalah tentang Lesslie. Kalau di HOPELESS kita cuma bisa menebak apa sih yang sebenarnya terjadi sama Lesslie? Karena saat itu Holder juga sama gak tahunya. Di buku kedua ini semuanya dibongkar. Apa yang terjadi dengan Less, alasannya, dan dampak perbuatan Less terhadap Holder. Ada juga satu hal yang gak akan pernah kita ketahui kalau gak baca LOSING HOPE dan itu ada di bagian akhir sekali pada surat yang ditulis sendiri oleh Lesslie untuk Holder. 

   Ada DANIEL. Cowok ini gak pernah muncul sama sekali di HOPELESS. Padahal dia sahabat paling baik sedunia nomor satu bagi Holder –kayaknya. Dan bagi gue itu agak aneh. Sky gak pernah sekalipun menyinggung tentang si Daniel ini, padahal saat gue baca LOSING HOPE, Sky pernah loh berkunjung ke rumah Daniel. Selidik punya selidik, ternyata Daniel adalah karakter utama untuk seri #2,5 HOPELESS selanjutnya yaitu FINDING CINDERELLA (bisa dibilang buku ketiga). Kemunculan Daniel di LOSING HOPE kira-kira dalam rangka mengiklankan FINDING CINDERELLA. Coba tebak siapa karakter utama ceweknya? Yap, Six alias Seven Marie. I told you! Belum ada terjemahannya, terakhir gue cek di google. Dan bukannya gue mengeluh tentang kemunculan Daniel, dia lucu gilaaa. Daniel adalah salah satu karakter yang menyelamatkan buku ini dengan humornya. 


   Hal-hal yang membingungkan di buku ini (termasuk HOPELESS juga) –menurut gue- 

#1 Kalau ada cowok yang pantas dihajar Holder, itu adalah Grayson. Dan kenapa Holder malah menghajar cowok lain yang kebetulan lagi sial karena bergosip tentang Less. Gue sama sekali gak ngerti. Menurut tebakan gue sih, karena Grayson nanti di cerita satu tahun kemudian ada kaitannya dengan Sky. Jadi, Colleen Hoover gak bisa bikin Grayson dihajar. Padahal gue pengen banget cowok satu itu dihajar. 

#2 Perasaan Holder terhadap Hope gak logis. Hope? Nah siapa lagi ini? Rahasia dong. Pokoknya gue gak habis pikir kenapa saat umur semuda itu Holder bisa err.. jatuh cinta sama Hope. Hope umurnya 5 tahun dan Holder menurut cerita seharusnya 6 tahun. Creepy rite? 

#3 Rasa bersalah Holder terhadap Hope. Jelas gue gak ngerti, karena memang hal itu gak pernah terjadi sama gue. Melihat sahabat sendiri diculik di depan mata. Apakah dampaknya sebesar itu? Atau memang karena Holder memiliki kecenderungan besar untuk menyalahkan diri sendiri? Kalau efek peristiwa Less terhadap Holder rasanya memang tepat. Bagaimanapun mereka saudara kembar. Tapi kalau efek kehilangan Hope, menurut gue pribadi, terlalu dilebihkan. 

#4 Ini adalah ciri khas novel YA. Karakter di novel YA (atau cerita wattpad khususnya) selalu terlalu drama dalam menghadapi rahasia besar tentang diri mereka. Misalnya Sky. Holder dan Karen menyimpan rahasia dari Sky. Untuk kebaikannya. Gue gak ngerti kenapa Sky marah besar dengan Holder dan Karen. Sampai harus melarikan diri? Kenapa gak nanya dulu. Kalau alasannya memang gak benar, baru kabur. 

#5 Perkembangan hubungan Sky dan Holder luar biasa cepat sampai hal itu terasa menakutkan. 


   Ada beberapa typo. Ketika seharusnya nama Sky justru menjadi nama Less. Kemudian pada bagian Holder menjelaskan panjang lebar rahasia yang disimpannya dari Sky di bandara, gue bosan. Dua atau tiga halaman cuma kalimat langsung dari Holder yang panjang tanpa deskripsi. Kurang lebih sama aja isinya dengan yang ada di Hopeless, jadi bagian itu gue skip. 

   LOSING HOPE sepertinya dikhususkan untuk pembaca yang ingin mengenal Holder lebih dalam. Tentang keluarga Holder dan perceraian kedua orang tuanya. Hubungan Holder dengan ayahnya. Kehidupan Holder dan Less ketika kecil dan bagaimana efek hilangnya Hope kepada mereka berdua. Dan yang paling menarik adalah isi pikiran Holder tentang Sky. Cuma gue rekomendasikan untuk cewek yang lagi punya uang lebih dan tergila-gila dengan Dean Holder. 

   Pelajaran yang bisa diambil? Kita gak bisa mengendalikan hal buruk yang terjadi pada orang lain, jadi sudah seharusnya kita berhenti menyalahkan diri sendiri. 

Ingat ya, R-19 - DEWASA


(+)

Memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab di HOPELESS


(-)

Untuk ukuran Gramedia Pustaka Utama, cover LOSING HOPE agak menyedihkan. Gue bahkan sempat ragu beli buku ini setelah melihat covernya 


RATING 


QUOTE

“Kau bisa memanggilku Holder saja.”
“Semua orang memanggilmu Holder, padahal aku benci semua orang, jadi... tidak. Aku tidak bisa.”





Post a Comment

0 Comments